Bagaimana Cara Masuk FSRD ITB?

bagaimana-cara-masuk-fsrd-itb

Bagaimana sih caranya masuk ke Fakultas Seni Rupa & Desain (FSRD) ITB? Jawabannya mudah namun tak mudah melakukannya.

Sobat Kanvasilmu sekalian pastinya sudah tau dong apa itu FSRD ITB? Jika belum tau, silahkan cek artikel ini: Apa itu FSRD? dan apa saja Jurusan-jurusannya. And now the big question is, how can we enter FSRD ITB?

Selama beberapa periode, ujian masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) berubah-ubah namanya. Dahulu ada yang namanya Sipenmaru, UMPTN, dll (kalau mau tau lebih detil, bisa tanya ke Ortu atau OOM/Tante deh, hehe). Sekarang ujian masuk PTN menjadi SBMPTN.

Dulunya ujian masuk FSRD ITB terpisah dari ujian masuk PTN ini. Fokus pada ujian gambar dan sedikit ujian teori saja. Ujiannya disebut USM FSRD (Ujian Saringan Mandiri FSRD), yang terpisah dari UMPTN. Bagaimana dengan sekarang? Sejak ada SBMTPN, untuk masuk FSRD ITB, jalurnya pun melalui ujian masuk PTN ini (SBMPTN dan SNMPTN).

Jadi kalau disimpulkan kira-kira begini:

Jalur Masuk FSRD ITB saat ini ada 2:

  1. Melalui SNMPTN
  2. Melalui SBMPTN

Nah, kita bocorin sedikit rahasianya nih… Namanya jurusan Seni Rupa & Desain, tentu mahasiswanya harus memiliki minat & skill di bidang Seni Rupa / Desain dong. Masuk akal yaa. Maka, khusus untuk peminat jurusan FSRD (universitas manapun) baik melalui SNMPTN atau SBMPTN, ada ujian keterampilan menggambarnya!

Jika kamu lolos seleksi SNMPTN, maka setelah itu kamu akan diminta untuk bikin Karya Portofolio. Karya ini nanti dikirimkan ke panitia SNMPTN untuk diseleksi kembali (wuih, jadi 2 kali seleksi). Ketat ya?

Jika kamu ikut SBMPTN, biasannya ambil ujian Soshum atau campuran (kalau aslinya jurusan MIPA). Setelah ujian SBMPTN, akan ada 1 hari tambahan untuk ujian keterampilan menggambar.

Itulah bocorannya… Praktiknya, sobat Kanvasilmu harus banyak latihan gambar mulai sekarang. Walaupun masih kelas X atau masih SMP sekalipun.

Untuk tahu tips & trik ujian, serta latihan gambar yang dibimbing ahlinya (alumni FSRD ITB), kamu bisa ikutan Program Anantarupa di Kanvasilmu, Bogor.

Bukannya menakut-nakuti, namun banyak juga calon mahasiswa yang gagal di ujian walaupun gambarnya bagus & keren-keren. Kenapa? Karena membuat karya dan ujian berbeda caranya & triknya. BTW, kalau mau Tanya, lebih lanjut, feel free to contact us. Atau datang saja ke Kanvasilmu, Bogor.

So, sudah jelas ya sobat Kanvasilmu, cara masuk ke dalam FSRD ITB tentu saja lewat pintu gerbangnya. Tapi kalau ada yang menjawab begitu, jitak aja 😀

Share jika berfaedah!